REMEDIASI MENGGUNAKAN MULTI-REPRESENTASI UNTUK MENGURANGI SISWA SMA YANG TIDAK DAPAT MENYELESAIKAN SOAL HUKUM ARCHIMEDES

Main Authors: F03110003, FLORENTINA DWI ASTUTI, Sutrisno, Leo, TMS, Haratua
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6372
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6372/6569
Daftar Isi:
  • Abstract: This research aimed to introduce and to train and to apply multi-representation. They were expected to be able to apply multi representation to solve essay questions about Archimedes Law. Research method was pre-experimental design by conducting one group pretest-posttest design. There were 36 students of XI Natural Science in SMA N 7 Pontianak which involved in this research. Essay test with reliability coefficient (0.63) was applied to find out the average number decrease percentage of students who unable to solve the test at pre and post remediation. McNemar test stated that kind of remediation is able to reduce the number of student who unable to solve questions which spread in 4 indicators that are comparing mass in air and in water, sinking phenomena, floating phenomena, and flying phenomena. By applying McNemar test, the researcher obtained (3,84) < (4,92; 10,31; 4,05; 14,06) for db = 1, so there was a change in the number of students who unable to solve the question significantly in all test indicators. Therefore, remediation using multi-presentation was effective to reduce the number of students who unable to solve question in Archimedes Principles Mattter. Keyword: Remediation, Multi-representation, Archimedes Law. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan melatih siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Pontianak menggunakan multi-representasi. Diharapkan siswa mampu menggunakan multi-reprsentasi untuk mengatasi kesulitan dalam menyelesaikan soal berbentuk essay pada materi hukum Archimedes. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sebanyak 36 siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 7 Pontianak berpartisipasi dalam penelitian ini. Tes berbentuk cerita dengan koefisien reliabilitas (0,63 dan 0,713) digunakan untuk mengetahui rata-rata persentase penurunan jumlah siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal sebelum dan sesudah remediasi. Uji McNemar menyatakan bahwa remediasi semacam ini dapat menurunkan jumlah siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal yang tersebar pada membandingkan berat benda di udara dan di air, peristiwa tenggelam, peristiwa mengapung dan peristiwa melayang. Berdasarkan hasil uji McNemar diperoleh perubahan kemampuan siswa yang signifikan dalam menyelesaikan soal untuk semua indikator soal tes, (3,84) < (4,92; 10,31; 4,05; 14,06) untuk db=1 dan . Dengan demikian, remediasi menggunakan multi-representasi efektif untuk mengurangi jumlah siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal pada materi hukum Archimedes. Kata kunci: Remediasi, Multi-representasi, Hukum Archimedes