PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS III

Main Authors: Mastar, Abang, Uliyanti, Endang, ., Sugiyono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6359
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6359/6546
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6359/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demontrasi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang benda dan sifatnya di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Nomor 21 Muan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang benda dan sifatnya di kelas III Sekolah Dasar Negeri Nomor 21 Muan. Hasil penelitan yang diperoleh adalah kemampuan guru dalam menyusun RPP pada siklus I sebesar 2,58 dan siklus II sebesar 3,77. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 3,06 dan siklus II sebesar 3,88. Hasil belajar siswa pada materi benda dan sifatnya adalah pada siklus I sebesar 48.18, meningkat pada siklus II sebesar 86,36. Hal ini berarti pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 21 Muan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Ilmu Pengetahuan Alam. Abstract: The formulation of a problem for this study is whether there is an increase in student learning outcomes using a method demonstration on learning of Natural Sciences of objects and nature in Class III Elementary School No. 21 Muan?. The purpose this study was to describe the improvement of student learning outcomes in learning by using a method demonstration on learning of Natural Sciences and the nature of the objects in the class III Elementary School No. 21 Muan. Research results obtained is the ability of teachers in preparing lesson plans in the first cycle of 2.58 and 3.77 for the second cycle. The observation of the teacher 's ability to implement the learning in the first cycle of 3.06 and 3.88 for the second cycle. Student learning outcomes in material objects and nature is the first cycle of 48.18, increased in the second cycle of 86.36. This means learning by demonstration method can improve the learning outcomes of students of class III SDN 21 Muan. Keywords: Learning Outcomes , Methods Demonstration , Natural Sciences .