PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS III
Main Authors: | Erawati, Emiliyana, ., Sugiyono, Uliyanti, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6358 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6358/6544 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6358/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 29 Sanggau. Metode penelitian ini dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam tahap 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran penyelesaian soal dengan menggunakan menggunakan media gambar sehingga pada setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata indikator 57,14% dan pada siklus II rata-rata indikator 86,90%. Sedangkan interval penelitian ini terdapat rata-rata sebesar 34,52%. Dengan demikian bahwa perbaikan pembelajaran tentang kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam telah dapat dilakukan oleh guru kelas dengan menggunakan media gambar memiliki dampak positif. Kata kunci: Peningkatan hasil belajar, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dan media gambar. Abstract: This study aims to improve student learning outcomes Elementary School third grade 29 Sanggau. This research method using action research. This study was conducted in 2 phases cycle of planning, implementation, observation, and reflection. The results of the implementation of the completion of the act of learning about using using media images so that at each cycle is always an increase in the first cycle an average of 57.14% indicator and the second cycle indicator average 86.90%. While the study interval, there are an average of 34.52%. Thus the improvement of learning about the appearance of the surface of the earth, the weather and its effect on humans, and its relationship to the human way of maintaining and preserving nature has to be done by classroom teachers using media images have a positive impact. Keywords: Improvement of learning outcomes, learning of Natural Sciences, and media images.