PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Authors: Gunawansyah, Hendri, Utami, Sri, ., Abdussamad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6356
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6356/6540
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6356/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan pembelajaran kontekstual di kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang ?”. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data tentang aktivitas belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi langsung. Sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri satu kali. Dari hasil siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Pembelajaran Kontekstual, dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Abstract : A common problem in this study is "How does an increase in the activity of Natural Sciences Learning to use contextual learning in the fifth grade Elementary School 06 North Matan Hilir Ketapang?". The method used is descriptive method. Subjects in this study is that teachers teach and learners Elementary School fifth grade Matan Hilir 06 North Ketapang totaling 16 people consisting of 9 male students and 7 female students. The data collected in this study is data about learners' learning activities. Data collection techniques that use direct observation techniques. While the data collection tool is the observation sheet. This research was conducted as two cycles each cycle consisting of the time. From the results of the first cycle and second cycle can be concluded that the use of contextual learning can enhance the activity and learning outcomes of students in the Natural Sciences learning in the fifth grade Elementary School 06 North Matan Hilir Ketapang. Key Words : Activity Learning, Contextual Learning, and Learning Natural Sciences