PENERAPAN CONSTRUCTIVE FEEDBACK PADA PEMBUATAN LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA SMA NEGERI 7 PONTIANAK
Main Authors: | Mauliyani, Ratih, ., Hairida, Rasmawan, Rahmat |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6345 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6345/6523 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa pada pembuatan laporan praktikum kimia sebelum dan setelah pemberian constructive feedback siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Pontianak serta mendeskripsikan penyebab-penyebab yang dihadapi siswa pada pembuatan laporan praktikum kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test design. Penentuan sampel penelitian menggunakan random sampling dengan undian dan terpilih kelas X MIPA 2 berjumlah 19 siswa. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan kemampuan siswa pada pembuatan laporan praktikum yaitu, pada laporan pertama sebelum diberikan constructive feedback kemampuan siswa termasuk kategori baik dengan skor rata-rata perolehan siswa 62. Setelah pemberian constructive feedback peningkatan kemampuan laporan praktikum menjadi kategori sangat baik dengan skor rata-rata 83. Kata kunci : Constructive Feedback, laporan praktikum kimia Abstract: This research aims to describe the ability of student on making the lab report before and after give constructive feedback student of class X science SMA Negeri 7 Pontianak and describe the causes faced of student on making chemistry lab report. The research method used is a pre-experimental design with one group pre-test and posttest design. Determination of study sample using random sampling by lottery and choosen student of X science 2 with total 19 students. The results of the analysis data showed an increase in the ability of students in that lab report, the first report before being given constructive feedback, the ability of students include good category with average of score 62. After being given constructive feedback increase to be excellent category with average of score 83. Keywords : Constructive Feedback, Chemistry Lab Report