PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F34210657, Kurniawati, Utami, Sri, ., Abdussamad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6313 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6313/6483 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6313/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrifsikan penggunaan model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 08 Ketapang. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan alat yang digunakan adalah lembar observasi, dokumentasi, dan kuis/instrument soal. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. pada siklus I IPKG 1 sebesar 2,70 dan IPKG 2 sebesar 2,85 kemudian pada siklus II IPKG 1 sebesar 3,54 dan IPKG 2 sebesar 3,70. Dan Pada siklus I persentase hasil belajar peserta didik sebesar 53% dan persentase hasil belajar peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 80%, Dari hasil siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran IPA kelas V SDN 08 Ketapang. Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, pembelajaran ilmu pengetahuan alam, model STAD Abstract: The purpose of this study is to describe the Student Teams Achivement Division ( STAD ) to improve the learning outcomes of students in learning science in 5th grade of SDN 08 Ketapang . This study used a descriptive method. This research is a form of action research. Collecting data method are observation technique and tests. The tools used are sheets of observation, documentation, and quizzes / instrument problem.This research was conducted in two cycles . in the first cycle the IPKG 1 is 2.70 and the IPKG 2 is 2.85 for the second cycle then IPKG 1 is 3.54 and the IPKG 2 is 3.70 . In the first cycle and the percentage of student learning outcomes is 53 % and the percentage of learning outcomes of students in the second cycle increased to 80 %. So from this evidence, we can be concluded that the use of learning model Achivement Student Teams Division (STAD ) can improve learning outcomes of students in natural science subject in fifth grade at SDN 08 Ketapang. Keywords : increase of learning outcomes , learning of natural sciences, model STAD