PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP TENERA
Main Authors: | Napitupulu, Erna Yuliati, Nandar, Ismu, Wartiningsih, Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6309 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6309/6472 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/downloadSuppFile/6309/533 |
Daftar Isi:
- Abstrack: Yuliati Napitupulu, Erna. 2013. The Use of Demonstration Method to Increase Students Learning Outcomes In The Dance Art Leaning Students Grade VII SMP Tenera Sungai Dekan Meliau District. Thesis. Department of Language and Arts Education, Arts Education Dance and Music, Tanjungpura University Pontianak. (Main Supervisor Ismunandar, second counselor Agus Wartiningsih) The purpose of this research is to describe the use of demonstration method to increase students’ learning outcomes in the dance art leaning students grade VII SMP Tenera Sungai Dekan Meliau District. The method used in this research is descriptive method, where the the form of research is action research, and research approach used is qualitative approach. The results include the average value of the study of students at the time of the pre-cycle namely 66,34. After the first act during the first cycle, the average increase in the value of learning outcomes of students namely 73,26. The average value of the study of students increased again after the second action during the second cycle namely 85,19. The conclusion from this research is the use of demonstration method can improve the leaning outcomes of studentsof class VII SMP Tenera Sungai Dekan Meliau District. Keywords : Demonstration Method, Leaning Outcomes dance art. Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran seni tari di kelas VII SMP Tenera Sungai Dekan Kecamatan Meliau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan/action research, dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian antara lain nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada saat pra siklus yaitu 66,34, setelah dilakukan tindakan pertama pada saat siklus I, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 73,26. Kemudian, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kembali meningkat setelah dilakukan tindakan kedua pada saat siklus II yaitu 85,19. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Tenera Sungai Dekan Kecamatan Meliau. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar seni tari.