PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA REALISTIK DI KELAS V SD

Main Authors: Thaha, M, Hasjmy, Maridjo Abdul, ., Kaswari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6303
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6303/6465
Daftar Isi:
  • Abstract : A common problem in this study is " How Increased Activity of Students in math learning Method Using Realistic In Kelas V SDN 12 Sungai Pinyuh ? " . The purpose of this study is to describe the learning of increased activity Learners Kelas V SDN 12 Sungai Pinyuh in the learning of mathematics by using realistic media , both physically , mentally and emotionally . The method used in this study is a survey method by using a sheet of observation , the nature of the research is qualitative . The subjects in this study were teachers and fifth grade students numbering 23 people . Using observational data collection techniques. Means of data collection in the form of sheets of observations and data analysis techniques using a percentage formula . The results showed an increase in activity of learners from the base line to each cycle , namely , 1 ) the physical activity of students from baseline 17.38 % in the second cycle by 85.85 % increased by 68.47 % to a high category , 2 ) mental activity of learners baseline 12.31 % to 60.86 % in the second cycle increased by 48.55 % to the category of fairly tinggi.3 ) emotional activity learners from baseline 24.63 % to 86.96 % an increase amounted to 62.36 % with the high category . Conclusion that the use of realistic media can increase physical activity , mental and emotional fifth grade students in Kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Pinyuh . Keywords : Activities , Learning Mathematics , Media Realistic . Abstrak: Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Peningkatan Aktivitas Peserta Didik pada pembelajaran matematika Dengan Menggunakan Metode Realistik Di kelas V SDN 12 Sungai Pinyuh ?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan tentang peningkatan aktivitas belajar Peserta didik kelas V SDN 12 Sungai Pinyuh dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media realistik baik secara fisik, mental maupun emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survey dengan menggunakan alat lembar observasi, sifat penelitian adalah kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari base line ke tiap siklus yaitu,1) aktivitas fisik peserta didik dari base line 17,38% pada siklus II sebesar 85,85% meningkat sebesar 68,47% dengan katagori tinggi,2) Aktivitas mental peserta didik dari base line 12,31% menjadi 60,86% pada siklus II meningkat sebesar 48,55% dengan katagori cukup tinggi.3)Aktivitas emosional peserta didik dari base line 24,63% menjadi 85,95% terjadi peningkatan sebesar 61,32% dengan katagori tinggi. Simpulannya bahwa penggunaan media realistik dapat meningkatkan aktivitas fisik,mental dan emosional peserta didik di kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Pinyuh. Kata kunci : Aktivitas, Pembelajaran Matematika, Media Realistik.