MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI STRATEGI BERMAIN PERAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN

Main Authors: F34211436, Yuniar, Utami, Sri, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6291
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6291/6452
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6291/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan menggunakan Metode Bermain peran pada siswa kelas III SDN dengan menjawab pertanyaan bacaan? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Metode Bermain peranpada siswa kelas III SDN? (3) Bagaimana hasil pembelajaran dengan Metode bermain peran padasiswakelas III SDN? Metode penelitian ini adalah metode deskriptif,. Sifat penelitian bersifat kualitatif. Subjek penelitian guru, kolaborator dan murid kelas III Sekolah Dasar Negeri5 Segedong, Kabupaten Pontianak yang berjumlah 17 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik obsservasi langsung, teknik dokumenter, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi dan catatan tentang hasil belajar murid. Dengan memggunakan metode bermain peran siswa kelas II SDN 05 Segedong Tahun pelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan. Kemampuan hasil berbicara, siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari rata-rata nilai siswa pada siklus I meningkat pada siklus II. Dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Kata kunci : berbicara, , Metode bermain peran Abstrack : The problem of this study were ( 1 ) How to use a method of planning the learning Playing the role of third grade students reading at SDN to answer questions ? ( 2 ) How is the implementation of learning by using the method Playing peranpada third grade students of SDN ? ( 3 ) What learning outcomes by methods play a role padasiswakelas III SDN ? This research method is descriptive method . The nature of qualitative research . Research subject teachers , collaborators and third grade elementary school students Negeri5 Segedong , Pontianak District totaling 17 people . The technique used in this study is a direct obsservasi techniques , documentary techniques , and tools used for collecting data is a record of observation and student learning outcomes . With memggunakan method of playing the role of second grade students of SDN 05 Segedong school year 2012/2013 has increased . Ability to speak results , students in learning has increased from an average student scores in the first cycle increased in the second cycle . From the first cycle to the second cycle increased . Keywords : talk , Method of playing a role