PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PBB DI KELAS V SD
Main Authors: | ., Kusaini, Hasjmy, Maridjo Abdul, ., Kaswari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6287 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6287/6445 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Masalah pada penelitian ini adalah usaha untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe penomoran berpikir bersama (PBB) pada pelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Pinyuh Pontianak. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), dan sifat penelitian bersifat kolaboratif, subyek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Pinyuh yang berjumlah 27 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik dokumenter, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian berdasarkan observasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe penomoran berpikir bersama dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe penomoran berpikir bersama pada pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Pinyuh Pontianak dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, diterima. Kata kunci : Aktivitas Pembelajaran, Kooperatif Tipe PBB Abstract: The problem in this research is an attempt to improve the learners' learning activities by using cooperative learning strategy of numbering heads together in mathematic subjects at the fifth grade students in the Elementary School 17 Sungai Pinyuh Pontianak. This research method is descriptive, in classroom action research, and the nature of this research is qualitative research, the research subjects are teacher and learners elementary school fifth grade students in the Elementary School 17 Sungai Pinyuh Pontianak which consisted of 27 people in whole. The techniques used in this research were the technique of direct observation, documentary technique, and data collection tool were used as observation guidelines. The result based on observation by using cooperative learning strategy of numbering heads together had improved learners learning activities. This shows that the hypothesis that stated the application cooperative learning strategy of numbering heads together in mathematic lessons at the fifth grade in the Elementary School 17 Sungai Pinyuh can improve learners' learning activities, accepted. Keywords: Learning Activity, Cooperative Learning Strategy of Numbering Heads Together