PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE KERJA KELOMPOK
Main Authors: | F34211391, Kusmayadi, Halidjah, Siti, Margiati, K.Y |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6277 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6277/6426 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6277/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan metode kerja kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dikelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Mempawah Hilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian Guru dan siswa kelas IV SDN 14 Mempawah Hilir yang berjumlah 19 orang siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan kemampuan guru merencanakan pembelajaran dengan skor nilai rata-rata 3,7 dengan katagori mendekati amat baik, kemampuan melaksanakan pembelajaran dengan skor nilai rata-rata 3,7 dengan katagori mendekati amat baik dan hasil belajar siswa dengan skor nilai rata-rata 88,94. Kata Kunci: hasil belajar, metode kerja kelompok, IPS Abstract: This study aims to describe the use of group work methods to improve the learning outcomes of students in class IV Social Sciences Elementary School 14 Mempawah Hilir. The method used is descriptive method to form action research. Research subject teacher and fourth grade students of SDN 14 Mempawah Hilir totaling 19 students, consisting of 8 male students and 11 female students. The results showed the ability of teachers to plan learning with a score of 3,7 average rating in the category approach is very good, the ability to implement the learning with an average score of 3,7 the value of the category approach is very good and the learning outcomes of students with an average score of 88,94. Keywords: learning, group work method, IPS