MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN TEKNIK JIGSAW ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SDN 21 SUNGAI PINYUH

Main Authors: Mahyus, Asfian, Marli, Suhardi, ., Kartono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6262
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6262/6402
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6262/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat tentang peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Sungai Pinyuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Sungai Pinyuh dengan rincian sebanyak 14 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan teknik observasi langsung dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode jigsaw pada siklus I diperoleh skor 3,32 dengan kategori “baik” dan pada siklus II menjadi 3,78 dengan kategori “sangat baik”, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode jigsaw pada siklus I diperoleh skor 3,38 dengan kategori “baik” dan pada siklus II menjadi 3,55 dengan kategori “sangat baik”, peningkatan motivasi intrinsik siswa melalui penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Sungai Pinyuh dari 48% pada siklus I menjadi 88,33% pada siklus II, motivasi intrinsik siswa melalui penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Sungai Pinyuh dari 66,67% pada siklus I menjadi 96% pada siklus II. Kata Kunci: motivasi belajar, teknik jigsaw, ilmu pengatahuan sosial Abstract: The purpose of accurate information about the increase in student motivation through the application of the Jigsaw method in learning social studies in Class IV Elementary School 21 Sungai Pinyuh. The method used in this study is a qualitative method of research is the form of action research. The subjects in this study were fourth graders Elementary School 21 Sungai Pinyuh with details of as many as 14 female students and 11 male students. This study uses the technique of direct observation and data collection tool used in this study is the observation sheet. The results showed the ability of teachers to plan learning social studies using the jigsaw in the first cycle obtained a score of 3,32 with the category of "good" and the second cycle to 3,78 with the category of "very good", the ability of teachers to implement learning social studies using the method jigsaw in the first cycle obtained a score of 3,38 with the category of "good" and the second cycle to 3,55 with the category of "very good", an increase in intrinsic motivation of students through the application of the jigsaw method in learning social studies in Class IV Elementary School 21 Sungai Pinyuh of 48 % in the first cycle to 88,33 % in the second cycle, the intrinsic motivation of students through the application of the Jigsaw method in learning social studies in Class IV Elementary School 21 Sungai Pinyuh of 66,67 % in the first cycle to 96 % in the secondcycle. . Keywords: motivation of learning , jigsaw technique , the science of social