PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BANGUN DATAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Hartiawati, Oni, Margiati, K.Y, Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6259
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6259/6396
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6259/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kemampuan guru menyusun RPP menggunakan metode bangun datar dalam pelajaran mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Mempawah Hilir Kab. Pontianak. Mendeskripsikan kemampuan guru melaksanakan RPP menggunakan metode bangun datar dalam pelajaran mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar di kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Mempawah Hilir Kab. Pontianak. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini mempergunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi langsung dan tekhnik studi dokumenter.Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 11 Mempawah Hilir. Penelitian ini didesain menggunakan dua siklus. Pelaksanaannya menerapkan pembelajaran menggunakan model bangun datar. Penggunaan model bangun datar dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Mempawah Hilir. Pada siklus I siswa yang sudah mencapai kriteria ketuntasan mencapai 17 orang siswa atau 80,95% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. peningkatan dari siklus I ke siklus II 19,05%. Kata kunci : Hasil belajar, model bangun datar, Pembelajaran Matematika. Abstract: Classroom Action Research aims to describe the ability of teachers preparing lesson plans using the flat wake in identifying lessons wake properties flat in fifth grade Elementary School District 11 downstream Mempawah Kab. Pontianak Kab. Describe the ability of teachers to implement the lesson plan using a flat wake in identifying lessons wake properties flat in fifth grade Elementary School District 11 Mempawah downstream. Pontianak. This research method is descriptive. This research forms a Classroom Action Research ( CAR). This class uses action research data collection techniques using direct observation techniques and techniques of research that studies the subject dokumenter.Adapun fifth grade students of SDN 11 Mempawah downstream. This study was designed using two cycles. Implementation to apply the learning to use a flat wake models . The use of flat wake models can improve student learning outcomes Elementary School fifth grade 11 Mempawah downstream. In the first cycle of students who have achieved mastery criterion reaches 17 students or 80.95 % and increased in the second cycle to 100 %. Increase from cycle I to cycle II 19.05 %. Keywords : learning outcomes , model of flat , Learning Mathematics