PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PEMBELAJARAN IPA DISEKOLAH DASAR

Main Authors: F34211287, Hamamah, ., Kartono, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6243
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6243/6365
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6243/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dengan menggunakan metode eksperimen pada peserta didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 09 Sungai Pinyuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah survei (survey studies) dengan jenis survei kelembagaan (institutional survey). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Berdasarkan data yang diperoleh, terlihat adanya peningkatan kemampuan guru dalam hal melaksanakan pembelajaran yang menunjukkan adanya peningkatan, dari skor rata-rata 3,09 pada baseline menjadi 3,15 pada siklus I dan meningkat menjadi 3,31 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa guru semakin baik dalam melaksanakan dan mengorganisir kegiatan pembelajaran. Sementara itu, perkembangan motivasi belajar peserta didik selama pelaksanaan tindakan ini dapat dilihat peningkatan yang terjadi dari skor rata-rata 46,97% pada baseline menjadi 66,66% pada siklus I dan meningkat menjadi 83,32% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik semakin baik setelah dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen. Kata Kunci: motivasi,hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, metode eksperimen Abstract : This study aims to increase the motivation to learn science by using experimental methods in Class III learners Elementary School 09 Sungai Pinyuh. The method used in this research is descriptive method. Form of research in this study was a survey (survey studies) with the type of institutional surveys (institutional survey). Data collection techniques using direct observation sheet. Data collection tool used in this study is the observation sheet. Based on the data obtained, there has been an increase in the ability of teachers to implement the terms of the learning that showed an increase, from an average score of 3.09 at baseline to 3.15 in the first cycle and increased to 3.31 in the second cycle. This suggests that the better teachers in implementing and organizing learning activities . Meanwhile, the development of learners' learning motivation for the implementation of these measures can be seen a spike from an average score of 46.97% at baseline became 66.66% in the first cycle and increased to 83.32% in the second cycle. This suggests that the motivation of learners is getting better after the learning process by using the experimental method. Keywords : motivation, learning, science, experimental methods