PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Main Authors: Arifin, Zainal, Margiati, K.Y, Halidjah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6242
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6242/6363
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6242/pdf
Daftar Isi:
  • PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Mempawah Hilir. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftip. Bentuk penelitian adalah survey. Teknik dan cara pengumpulan data adalah observasi langsung dan lembar observasi langsung.Hasil penelitian dengan penerapan metode Diskusi dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Mempawah Hilir pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 13 orang siswa atau 65% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 18 orang siswa atau 90%. peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25%. Kata kunci : Aktivitas belajar, Metode Eksperimen, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Abstract: The purpose of this study was to determine whether the application of the discussion method can improve student learning outcomes in the teaching of Social Sciences grade IV Elementary School 15 Mempawah Hilir. The methods used in this study are the method descriptive. Form of research is survey. Techniques and ways of collecting data is direct observation and observation sheets live. velue research with the application of the method can improve learning outcomes Discussion grade IV Elementary School 15 Mempawah Hilir in Social Science Education. In the first cycle of students achieving mastery value 13 students or 65% and the second cycle increased ie students who reached the KKM many as 18 students or 90%. Improvement from the first cycle to the second cycle is equal to 25%. Keywords: Learning activities, Experimental Methods, Natural Sciences Learning.