PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 8 SUNGAI PINYUH
Main Authors: | Kuswati, Arni, Marli, Suhardi, ., Kartono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6237 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6237/6357 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6237/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat tentang peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas I Sekolah Dasar Negeri 8 Sungai Pinyuh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subyek penelitian adalah peserta didik Kelas I SDN 8 Sungai Pinyuh dan guru yang mengajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus pertemuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas I Sekolah Dasar Negeri 8 Sungai Pinyuh. Kata Kunci: aktivitas belajar, metode eksperimen Abstract: This study aims to describe the enhancement learning activity enhancement using of experiment method in Science in the first grade of Junior High School no.8 Sungai Pinyuh. The method that used in this research is descriptive method the kinf of research form is Classroom Action Research in collaborative action. The subjects of this research are the student of first grade in Junior High School no. 8 Sungai Pinyuh and the teacher who teach it. This study consist of two kind cycles to describe the plan of study, the first is implement, and to motivate students learning process through experiment method in Science. The results of this research show that the using of experiment method able to improve students learning activity in Science at the first grade of Junior High School no.8 Sungai Pinyuh. Keywords: learning activity, experiment method.