PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS 1V SDN 8 SUNGAI PINYUH

Main Authors: Usman, Elya, ., Kartono, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6228
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6228/6353
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6228/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk megetahui dan meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode eksperimen pada materi Alat Energi dan Perubahannnya di SD Negeri 8 Sungai Pinyuh Kabupaten Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas dan jenis data atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 8 Sungai Pinyuh Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung. Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukan dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 70,83 dan pada siklus II 80,83, terjadi peningkatan 10. Kata Kunci: peningkatan, hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, metode eksperimen. Abstract: This study aims to know and improve science learning outcomes using experimental methods in materials Energy Equipment and Amendment Elementary School 8 Sungai Pinyuh Kabupaten Pontianak. The method used is the method of a class action and the type of data or the approach used in this study is a quantitative approach. The subjects were fourth grade students of Elementary School 8 Sungai Pinyuh Kabupaten Pontianak. Data collection techniques used are direct observation. Data collection tools such as observation sheets and tests. The results showed an average of student learning outcomes in the first cycle of 70,83 and the second cycle 80,83, an increase in 10. Keywords: improvement, learning, science, experimental methods.