PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Main Authors: Aprianti, Yuyun, ., Rosnita, ., Kaswari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6168
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6168/6287
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6168/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Delta Pawan Ketapang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Delta Pawan Ketapang. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Sifat penelitian ini adalah kolaboratif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu sebagai berikut : Aktivitas fisik siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 84,8%. Pada aktivitas mental siklus I sebesar 58%, siklus II sebesar 79% .Pada aktivitas emosional siklus I sebesar 61,33%, siklus II sebesar 90,67%. Hal ini membuktikan dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Delta Pawan Ketapang. Kata Kunci : aktivitas belajar, metode eksperimen, pembelajaran ilmu nnnnnnnnn pengetahuan alam Abstract : Improvement of students with learning activity using experimental methods in the physical sciences learning elementary school fifth grade 23 Delta Pawan Ketapang . The purpose of this research is to improve the learners' learning activities using experimental methods in the study of natural science elementary School fifth grade 23 Delta Pawan Ketapang . The research method used in this research is descriptive research in the form of classroom action research . The nature of this research is collaborative . The results of this study showed an increase in activity of learners in the learning of Natural Sciences is as follows : 1 cycle of physical activity by 60 % , cycle 2 is 84.8 % . In the first cycle of mental activity by 58 % , cycle 2 by 79 % . At the emotional activity of 61.33 % of cycle 1 , cycle 2 is 90.67 % . This is proved by using experimental methods in teaching Natural Sciences can enhance learners' learning activities Elementary School fifth grade 23 Delta Pawan Ketapang. Keyword : learning activities , methods of experimentation , learning science