PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBELAJARAN MELUKIS DENGAN JARI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Main Authors: Askandari, Laila, ., Fadillah, Yusuf, Abas
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6101
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6101/7067
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui pembelajaran melukis dengan jari pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Mutiara Sungai Kakap dan untuk mengetahui kemampuan anak mengkoordinasikan gerakan jari tangan pada kegiatan melukis dengan jari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti, teman kolaborasi dan anak kelompok B yang berjumlah 15 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui pembelajaran melukis dengan jari dapat dikategorikan “Baik”. Peningkatan kemampuan motorik halus melalui pembelajaran melukis dengan jari yaitu anak dapat menggerakkan jari untuk menggunakan bubur cat pada pola gambar, anak menggunakan jari dalam mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail, anak menggunakan jari untuk menggambar menggunakan beberapa cara dalam melukis dengan menggunakan jari seperti melukis dengan model lingkaran, model zig-zag, dan dengan cara mengarsir. Kata Kunci: Motorik Halus, Melukis Dengan Jari, Usia 5-6 Tahun Abstract: Study is to examine the planning, implementation to improve fine motor skills through learning finger painting in children aged 5-6 years in Mutiara Kindergarten at Sungai Kakap and to determine the child's ability to coordinate the movement of a finger on finger painting activities. The method used is descriptive method using a form of action research. Subjects in this study is the researcher, friend of collaboration and group B children amount 15 people. The results of the data analysis showed that the lesson planning and implementation to improve fine motor skills through learning finger painting can be categorized as “Good". Improved fine motor skills through learning finger painting that the child can move the finger to use slurry paint on the image pattern, the child uses the fingers to express themselves through movement drawing in detail, using a finger to draw a child's use in several ways such as finger painting using paint with cycle models, models of zig-zag, and by means of shading. Keywords: Fine Motor Skills, Finger Painting, Ages 5-6 Years