PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Authors: F34210379, Ismail, ., Abdussamad, Utami, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6049
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6049/6138
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6049/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang disajikan dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil penelitian terjadi peningkatan aktivitas siswa secara fisik dari base line sebesar 23,75% menjadi 88,75%, selisih antara base line dengan siklus II sebesar 65,0%. Aktivitas mental meningkat dari base line sebesar 14,0 % menjadi 85,8% pada siklus II, peningkatan sebesar 71,8 %. Aktivitas emosional dari base line sebesar 25,0% pada siklus II sebesar 91,25%, peningkatan aktivitas 66,25%. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berhasil meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SD Muhammadiyah I Ketapang. Kata Kunci: peningkatan, aktivitas siswa, kooperatif Jigsaw Abstract: The aim of research is to know the increasement of students activities in learning social subject after using the Jigsaw Cooperative Learning model. The research method is descriptive which presented by Classroom Action Research. It was done with two cycles in two time meetings. The research aids used were observation sheets. The result shows there are phisical in creasments of students activities from the base line 23,75% became 88,75% with differences between the base line and the scond cycle is 65,0%. The menthal activity is increasing 14,0% became 85,8% from the base line in the scond cycle, it shows 71,8% increasement. Emotional activity is 25,0% became 21,25% and it shows 66,25% increasment. The data shows that by using The Jigsaw Cooperative Learning model can increase for grade IV of SD Muhammadiyah I Ketapang. Key Words: Increasement students activity, Jigsaw Cooperative Learning