MISKONSEPSI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SAMBAS PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI
Main Authors: | Kusumawati, Ike, Enawaty, Eny, Lestari, Ira |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6002 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6002/6089 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sambas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 27 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 14 bentuk miskonsepsi siswa meliputi sub konsep pengertian reduksi dan oksidasi berdasarkan pelepasan dan pengikatan elektron, pengertian reduksi dan oksidasi berdasarkan perubahan bilangan oksidasi, penentuan bilangan oksidasi unsur, menentukan persamaan reaksi reduksi dan oksidasi berdasarkan pelepasan dan pengikatan oksigen, penentuan persamaan reaksi reduksi dan oksidasi berdasarkan pelepasan dan penangkapan elektron, penentuan persamaan reaksi reduksi dan oksidasi berdasarkan perubahan bilangan oksidasi, reduktor dan oksidator, serta tata nama dan rumus kimia senyawa yang melibatkan bilangan oksidasi. Penyebab miskonsepsi siswa adalah pemikiran asosiatif siswa, prakonsepsi yang salah, intuisi yang salah, dan kemampuan siswa. Kata kunci : miskonsepsi siswa, penyebab miskonsepsi, reduksi oksidasi Abstract: This research aims to determine types of misconception and cause of misconception in grade XII SMA Negeri 1 Sambas. The research method that used descriptive. The research sample which had been used was 27 students. The result of research showed that there were 14 types of student misconception, consist of definition of reduction oxidation based on gain and loss of electron, definition of reduction oxidation based on oxidation number, determine oxidation number, determine reduction oxidation equation based on gain and loss of oxygent, reduction oxidation equation based on gain and loss of electron, reduction oxidation based on oxidation number change, reducing and oxidizing agent, determine nomenclature and formula of chemistry compound that involving oxidation number. Cause of student misconception in grade XII SMA Negeri 1 Sambas were mind-association, praconception error, intuition error, and student capability. Keywords : student misconception, cause of misconception, reduction oxidation