PENGARUH MEDIA MANIPULATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Lubis, Farida, Tampubolon, Budiman, ., Suryani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5984 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5984/6070 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5984/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan media manipulatif pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan Metode eksperimen jenis quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Pontianak Kota yang terdiri dari dua kelas, yaitu V A dan V B. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V A (kelas eksperimen) berjumlah 28 siswa dan V B (kelas kontrol) berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata post-test kelas kontrol 70,63 dan rata-rata post-test kelas eksperimen 84,77. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test (Polled varian) diperoleh thitung = 4,96 untuk dk = 56 dan α=5% diperoleh sebesar 1,68 yang berarti > (4,96>1,68), maka Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media manipulatif dan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar. Kata kunci : Media Manipulatif, Hasil Belajar Abstract: This study aims to analyze how much influence the manipulative media use in teaching mathematics to students' learning outcomes Elementary School fifth grade 16 Pontianak City. This research uses experimental methods Quasy type experiment. The population in this study were all fifth grade students of Elementary School 16 Pontianak City that consists of two classes, namely VA and VB. Samples were students of class VA (experimental class) accounted for 28 students and VB (grade control) accounted for 30 students. Based on the analysis of data obtained by the average post-test control class average of 70.63 and post-test experimental classroom 84.77. The results of hypothesis testing using t-test (polled variant) for the obtained t = 4.96 df = 56 and α = 5% was obtained t_tabel of 1.68 which means t_hitung> t_tabel (4.96>1.68), the Ha received. Thus, it can be concluded that there are differences in student learning outcomes using manipulative media and learning outcomes of students who use media images. Keywords : Manipulative Media, Learning Outcomes