PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PEMBAGIAN BILANGAN DUA ANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 20
Main Authors: | Junaidah, Sri, Kresnadi, Hery, ., Abdussamad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5967 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5967/6045 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5967/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pembagian bilangan dua angka dengan penerapan pendekatan matematika realistik. Metode penelitian adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik dan alat pengumpul data adalah observasi langsung dan lembar observasi langsung. Hasil penelitian dengan penggunaan pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 20 Mempawah Hili. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 20 Mempawah Hilir yang berjumlah 15 orang siswa. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 12 orang siswa atau 80% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 15 orang siswa atau 100%. peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 20%. Adapun jumlah nilai pada siklus I yaitu 940 dengan rata-rata kelas 62,66 dan meningkat pada siklus II dengan jumlah nilai 1.170 dengan rata-rata 78. Kata kunci : peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik. . Abstract: The purpose of this research is to improve student learning outcomes in mathematics learning materials division of two digit numbers with the implementation of realistic mathematics approach. The research method is descriptive method. This research is a form of action research ( PTK ). Techniques and tools for collecting data is direct observation and direct observation sheet. The results of the study with the use of realistic mathematics approach in mathematics learning can improve student learning outcomes Elementary School second grade 20 Mempawah Hilir. As for the subjects in this study were students of class II Elementary School 20 Mempawah Hilir totaling 15 students. In the first cycle of students achieving mastery value 12 students or 80% and the second cycle increased the students who reached the KKM many as 15 students or 100 %. Improvement from the first cycle to the second cycle is equal to 20 %. As for the number of values in the first cycle is 940 with a grade average of 62.66 and increased in the second cycle with the total value of 1.170 with an average of 78. Keywords: improving student learning outcomes through realistic mathematical approach .