PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MEMPAWAH TIMUR

Main Authors: F34211414, Sutiati, ., Syamsiati, Uliyanti, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5966
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5966/6043
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5966/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode pemecahan masalah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Mempawah Timur. Manfaat penelitian ini adalah (1) Bagi siswa : dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika, serta siswa dapat berperan aktif dan berpartisipasi serta berinteraksi dalam proses belajar mengajar. (2) Bagi guru : dapat menambah wawasan dalam penguasaan metode pemecahan masalah dalam mengajar mata pelajaran matematika dengan metode pemecahan masalah serta peningkatan mutu pendidikan dan keantusiasannya dikelasnya dan diluar kelas. (3) Bagi sekolah : Dapat memberikan ide yang baik dalam usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keaktifan siswa dalam belajar. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pemecahan masalah yaitu proses dimana seorang siswa atau kelompok siswa menerima tantangan yang berhubungan dengan persoalan matematika, dimana penyelesaiannya dan caranya tidak langsung bisa ditentukan denngan mudah dan penyelesaiannya memerlukan ide matematika. Bentuk penelitian ini adalah survey. Teknik dan alat pengumpul data adalah teknik observasi langsung dan lembar observasi langsung. Hasil penelitian dengan penerapan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas emosional. Hal ini terbukti dari rata-rata persentase siklus I yaitu 71,42% dan siklus II meningkat menjadi 92,06%. Kata kunci :aktivitas belajar siswa, metode pemecahan masalah, pembelajaran matematika Abstract: The purpose of this research is to improve students' learning activities in mathematics using problem-solving methods class IV Elementary School 02 East Mempawah. The benefits of this study were (1) For students : to improve students' understanding in mathematics learning , and students can play an active role and participate and interact in the learning process . (2) For the teacher : to increase knowledge in the control of problem solving methods in teaching mathematics courses with a method of solving problems and improving the quality of education and enthusiastic class and outside the classroom . (3) For the school: It can give a good idea in an effort to improve the quality of learning and student activity in learning. This research method is to use a problem-solving method is the process by which a student or group of students accept the challenge of dealing with math problems, and the way in which the solution could be determined indirectly with easy and requires completion of mathematical ideas . This is a form of survey research. Techniques and tools for collecting data is the technique of direct observation and direct observation sheet. The results of the study with the application of problem-solving methods can increase the emotional activity. This is evident from the average percentage of first cycle is 71.42 % and the second cycle increased to 92.06 %. Keywords : student learning activities , problem-solving methods , learning mathematics