PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KELAS II SDN 1 MEMPAWAH

Main Authors: F34211433, Wartiningsih, ., Syamsiati, Uliyanti, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5962
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5962/6036
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5962/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Penggunaan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru merencanakan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pada siklus I dengan jumlah nilai 29 dengan rata-rata 3,22 dan meningkat pada siklus II menjadi 31 dengan rata-rata 3,44. adapun peningkatan yang terjadi sebesar 0,22.Penggunaan metode Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada siklus I memperoleh nilai 41 dengan rata-rata 3,15 dan meningkat pada siklus II menjadi 45 dengan rata-rata 3,46. Terjadi peningkatan sebesar 0,31Penggunaan metode Demonstrasi dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Mempawah Timur pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 23 orang siswa atau 76,67% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 30 orang siswa atau 100%. Adapun nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 69 dan meningkat pada siklus II menjadi 74,67 Kata kunci : Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Metode Demonstrasi. Abstract: Classroom Action Research aims to improve and enhance the student learning outcomes through demonstration method, so that objectives can be achieved. The use of demonstration method proven to improve the ability of teachers to plan learning Natural Sciences. In the first cycle with a total value of 29, with an average of 3.22 and increased in the second cycle to 31 with an average of 3.44. As for the increase that occurs at 0.22. Usage Demonstration method can improve the ability of teachers to implement the learning process of Natural Sciences (IPA ) . In the first cycle, scored 41 with an average of 3.15 and increased in the second cycle to 45 with an average of 3.46. There was an increase of 0.31 Usage Demonstration method can improve student learning outcomes class II Elementary School 1 East Mempawah Learning Natural Sciences ( IPA ) . In the first cycle of students achieving mastery value 23 students or 76.67 % and the second cycle increased ie students who reached the KKM many as 30 students or 100 % . The average value of the class on the first cycle is 69 and increased in the second cycle becomes 74.67. Keywords: learning outcomes, Learning Science, Methods Demonstration.