PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA PESERTA DIDIK DI SD
Main Authors: | F34211353, Najab, ., Sukmawati, Sabri, Tahmid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5941 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5941/6013 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5941/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Usaha untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode inkuiri pada pelajaran IPA kelas V SD Negeri 20 sungai Kunyit. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif. Jenis penelitiannya tindakan kelas. Tehnik yang digunakan adalah observasi langsung. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 20 Sungai Kunyit, berjumlah 13 orang. Penelitian dilakukan sebanyak 3 Siklus. Data yang diperoleh pada aktivitas fisik pada siklus I sebesar 56,3 %, pada siklus II 71,8 %, pada siklus III 91,3 %. Data aktivitas mental pada siklus I sebesar 33,3 %, pada siklus II 56,3 %, siklus III 83,2 %. Data aktivitas Emosional pada siklus I sebesar 57,8 %, siklus II 73 %, siklus III 91,7 %. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 20 Sungai Kunyit. Kata Kunci: Aktivitas belajar, Metode inkuiri, Ilmu Pengetahuan alam Abstract : Efforts to improve the learners learning activities using the method of inquiry in science teaching fifth grade public elementary school 20 Sungai Kunyit. The method used descriptive method. Classroom action research type. The technique used is the direct observation. Research procedurs include planning, implementation, observation and reflection. Subjects were students in grade five public elementary schools 20 Sungai Kunyit, totaling 13 people. The study was conducteds many as 3 cycles. Data obtained on physical activity in cycle I was 56,3 %, in cycle II 71,8 %, and cycle III 91,7 %. Mental activity data in cycle I 33,3 %, in cycle II 56,3 %, and cycle III 83,2 %. Emotional activity data on cycle I 57,8 %, in cycle II 73 %, and cycle III 91,7 %. From the above data it can be conclude that the inquiry methe inquiry method can improve the thod can improve the learning activities of students in learning science class five public primary schools 20 Sungai Kunyit. Key word :Learning activities, inquiry method, Natural Science Learning