PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA REALIA DI KELAS II SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F34211339, Misbah, ., Abdussamad, Kresnadi, Hery |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5925 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5925/5993 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5925/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi Perkalian pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 13 Mempawah Timur Kabupaten Pontianak. Penelitian ini menggunakan pembelajaran media realia dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas terhadap 28 orang siswa kelas II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran media realia pada materi Perkalian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 13 Mempawah Timur yaitu pada siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 18 orang siswa atau 64,28% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang nilainya mencapai nilai KKM meningkat menjadi 25 orang siswa atau 89,28%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pembelajaran media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Media Realia, Matematika. Abstract: this research is held has purpose to increase students’ learning result at mathematics learning process of multiplication lesson at second grade students of Sekolah Dasar Negeri 13 Mempawah Timur Pontianak District. This research using realia media learning process through qualitative approach. Kind of research which used is classroom action research for 28 second grade student. The research finding show that there is increasing of students’ learning result through realia media learning process at multiplication lesson at second grade students of Sekolah Dasar Negeri 13 Mempawah Timur that is at firts circle, number of students who reach KKM score is 18 students’ or 64,28% while at second circle, number of students which the score reach KKM score increase became 25 students or 89,28%. The conclusion from this research is through using realia media learning process students’ learning result in mathematics learning process. Keyword: Learning Result, Realia Media Learning Process, Mathematics.