PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Main Authors: F34211344, Morjani, ., Abdussamad, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5924
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5924/5991
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5924/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode latihan Matematika dan tanpa menggunakan metode latihan Matematika, dengan mengoptimalkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian ini adalah 20 orang.Hasil belajar siswa kelas II Hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 18 Mempawah Timur tentang materi perkalian satu angka dan dua angka semangkin meningkat setelah guru menggunakan metode latihan. Hal ini terliha pada siklus I rata-rata nilai dari 57,5 meningkat menjadi 77,00 pada siklus II. Kata Kunci : Metode Latihan dan Hasil Belajar Abstract :The perpose of this research is to know the increasing of the everage achievement of students by using metode drill matematika. And without using metode drill matematika, optimizing/developing a learning medium which is suitable with a learning material is useful for gaining good evalution. This research is categorized into classroom action research (CAR). The subjects of the research consist of 20 students.based on third grade students” learning result of the elementary school about simple friction lesson has shown an improvemen after the teacher applied metode drill. This has shown that the mean of the third student in which they mean used to be calculated as 57,5 now have been improved into 77,00. Keywords : Metode drill and study Acheivement