PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F34211368, Riadi, Kresnadi, Hery, ., Abdussamad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5907 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5907/5979 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5907/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media garis bilangan Matematika dan tanpa menggunakan media garis bilangan Matematika, dengan mengoptimalkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 24 orang.Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Kunyit tentang materi mengurutkan bilangan bulat semangkin meningkat setelah guru menggunakan media garis bilangan. Hal ini terlihat rata-rata nilai dari 50,41 meningkat menjadi 76,25. Kata Kunci : Media Garis Bilangan dan Hasil Belajar Abstract :The perpose of this research is to know the increasing of the everage achievement of students by using line bilangan media matematika. And without using line bilangan media matematika, optimizing/developing a learning medium which is suitable with a learning material is useful for gaining good evalution. This research is categorized into classroom action research (CAR). The subjects of the research consist of 24 students.based on third grade students” learning result of the elementary school about simple friction lesson has shown an improvemen after the teacher applied line bilangan media matematika. This has shown that the mean of the third student in which they mean used to be calculated as 50,41 now have been improved into 76,25.