PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERMATA BUNDA PONTIANAK TIMUR
Main Authors: | Setiaty, Rarash Ponti, Endang, Busri, ., Halida |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5831 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5831/6614 |
Daftar Isi:
- Webbed model of integrated learning is learning that presents a theme-based learning has the advantage of being a child and having high motivation to learn from the results of selecting a theme that was made during the learning activity. The purpose of this study was to identify and describe: planning, implementation, evaluation and motivation of children aged 4-5 years in integrated learning webbed models implemented by teacher. The method used in analyzing the data is descriptive, qualitative form. Subjects of this study was the main teacher groups A and 4-5 year olds in group A. The data collection technique using interview techniques, observation, documentation, and triangulation. In analyzing the data using SWOT analysis techniques. From the results of this study concluded that integrated learning webbed models in motivating learning children aged 4-5 years in kindergarten Permata Bunda East Pontianak implemented by teachers quite well. Planning integrated learning webbed models according to what has been designed by the teacher in the Weekly Activity Plan and Activity Plan Daily. Key Word : Webbed model of integrated learning, motivation children Abstrak: Pembelajaran terpadu model webbed merupakan pembelajaran yang menyajikan pembelajaran berdasarkan tema serta memiliki keuntungan karena anak mempunyai motivasi belajar yang tinggi dari hasil penyeleksian tema yang dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan motivasi belajar anak usia 4-5 tahun dalam pembelajaran terpadu model webbed yang dilaksanakan oleh guru. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah deskriptif, berbentuk kualitatif. Subjek penelitian ini ialah guru utama kelompok A dan anak usia 4-5 tahun di kelompok A. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis SWOT. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terpadu model webbed dalam memotivasi belajar anak usia 4-5 tahun di TK Permata Bunda Pontianak Timur yang dilaksanakan oleh guru cukup baik. Perencanaan pembelajaran terpadu model webbed sesuai dengan apa yang telah di rancang oleh guru dalam Rencana Kegiatan Mingguan dan Rencana Kegiatan Harian. Kata kunci: pembelajaran terpadu model webbed, motivasi anak