PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEKOLAH DASAR

Main Authors: Fitriadi, Hilmi, Asran, Mastar, ., Suryani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5707
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5707/6529
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar di kelas V SD Negeri 22 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dan bentuk penelitiannya adalah quasi eksperimental design dan rancangan penelitiannya adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 60 peserta didik. Berdasarkan perhitungan statistik dari rata-rata hasil post-test kelas kontrol adalah 5,77 dan rata-rata kelas eksperimen adalah 7,9. Hasil uji t-test di peroleh sebesar 5,92 > 2,010 dengan demikian Ha di terima. Dan effect size tergolong tinggi yaitu 1,03. Kata Kunci : Integrated Reading And Composition, hasil belajar Abstract: This research aims to determine how effect of model cooperative integrated reading and composition to learning result in grade V SD Negeri 22 Sungai Raya Kab. Kubu raya West Borneo Province. The research method that used is experimental dan research form quasi eksperimental design and research design that used is nonequivalent control group design. The study sample is 60 student. Based on statistical calculations of the average post-test results of the control class was 5.77 and the average experiment class was 7.9. T-test results obtained at 5.92 t_hitung> t_tabel 2,010 Ha thus received. And a relatively high effect size is 1.03. Keyword: Integrated Reading And Composition, learning result