PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE INKUIRI KELAS IV SD NEGERI

Main Authors: Hartati, Sri, Uliyanti, Endang, Sabri, Tahmid
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5507
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5507/5681
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5507/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan metode inkuri kelas IV SD Negeri 04 Belatung. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan kejelasan secara objektif mengenai penerapan metode penemuan (inkuiri) untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti dan dibantu oleh guru kolaborasi. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SD Negeri 04 Belatung kecamatan embaloh hilir. Dengan alat pengumpul data yaitu lembar observasi. Penelitian dilakukan sebanyak 3 Berdasarkan data hasil belajar siswa pada setiap siklus, terdapat peningkatan hasil belajar pada pembelajaran struktur akar Pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Belatung Kecamatan Embaloh Hilir terlihat pada rekapitulasi pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa adalah 58,66, dan pada siklus 2 meningkat dari siklus 1 yakni 65,66 serta pada siklus 3 hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 dan siklus 2 yakni 85,66.sehingga dari hasil yang terus meningkat dari merencanakan, pelaksanaan sampai kepada hsil belajar siswa penelitiaan ini dianggap berhasil. Kata Kunci : : Pembelajaran IPA dan metode inkuiri Abstract : Improved student learning outcomes in science teaching methods class IV Elementary School inkuri Maggots 04 . This study aimed to obtain information and clarity regarding the application of the method objectively discovery ( inquiry ) to improve science learning outcomes . The method used in this research is descriptive method . This research is a form of action research ( CAR) conducted by researchers and assisted by teacher collaboration . Subjects in the study Elementary School fourth grade students Embaloh 04 Maggots districts downstream . With a data collection tool that observation sheet . 3 Based on research conducted as student learning outcomes data on each cycle , there is an increase in learning on learning outcomes At the root structure of a class IV Elementary School District of Maggots 04 Embaloh Downstream seen in the recapitulation in cycle 1 average is 58.66 student learning outcomes , and in cycle 1 cycle 2 increased from the 65.66 and the 3 cycles of student learning outcomes increased from cycle 1 and cycle 2 which is 85.66 . thus of continuous yield of planning , implementation until the HSIL penelitiaan student learning is considered successful . Keywords : Learning science and methods of inquiry