PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F33208027, Muliyanti, ., Kartono, ., Sukmawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5502 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5502/5674 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5502/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan jawaban tentang peningkatkan aktivitas belajar, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode eksperimen pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 06 Pontianak Selatan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, bersifat kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dengan hasil yang sangat memuaskan yaitu rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I, sebesar 66,35%, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 84,80%. Telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 18,45%. Hasil belajar siswa dengan rata-rata perolehan siklus I sebesar 66,15, sedangkan rata-rata pada siklus II sebesar 81,92. Telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15,77. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Metode Esperimen, Pembelajaran IPA. Abstract : The purpose of this researchis to get data and aswer about the increasing learning activityand the influence to the studentachievement by using experiment method in science lesson to the fourth grade student of SDN 06 South Pontianak. Method of this research is qualitative, descriptive method. Research subject is fourth grade student, which consrets of 26. The resultof this research shows that student learning activity can be increased. This result can be approved by looking at students' learning activity , the everage scor of the first cycle is 66,35% and 84,80% for the second cycle. There is is improvement of students' learning activity 18,45%. students' achievement have average score 66,15, for the frist cycle and 81,92 for the second cycle. There is an improvement from cycle I to the cycle II as 15,77. Keywords : learning activity, experiment method, science.