PENGGUNAAN KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA LANCAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II
Main Authors: | F34211717, Suaidah, Uliyanti, Endang, Sabri, Tahmid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5490 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5490/5663 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5490/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Membaca lancar merupakan suatu dasar yang harus dimiliki siswa. Dengan memiliki keterampilan membaca lancar yang baik, akan membantu siswa dalam proses pembelajaran. terutama untuk memperoleh informasi dari buku pelajaran maupun buku bacaan lainnya. .Masalah umum tersebut peneliti rumuskan menjadi beberapa sub masalah yaitu: Apakah media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca lancar siswa dikelas II Sekolah Dasar Negeri 12 Teluk Pakedai pada aspek penggunaan lapal, intonasi dan jeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pemanfaatan media kartu kata dalam meningkatkan nilai keterampilan membaca lancar siswa dikelas II Sekolah Dasar Negeri 12 Teluk Pakedai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap perencanaan dilaksanakan dengan rancangan, prosedur, tindakan, menentukan sumber data, menentukan bahan tindakan, dan menentukan bentuk tindakan. Tahap pelaksanaan dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat. Refleksi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran atau pertemuan pada setiap siklus. Kata Kunci : Meningkatkan , membaca lancar, media kartu kata Abstract : Read fluently is a must-have basic students . By having a good fluent reading skills , will help students in the learning process . The researchers formulated the general problem into several sub- problems , namely : Is the media card is said to improve the reading skills of students in class II smoothly Elementary School 12 Bay Pakedai on aspects of use in sound , intonation and pauses . The purpose of this study was to describe the use of media in enhancing the value of said card reading skills of students in class II smoothly Elementary School 12 Pakedai bay . This study used a qualitative approach to the design of Classroom Action Research ( CAR). Implemented with the design planning stages , procedures , actions , determine the source of the data , determines the action material , and determine the form of action . Implementation phase is done collaboratively between researchers and colleagues . Reflection is done at the end of each lesson or meeting on each cycle . Keywords : Increase , read fluently , said the media card