KONTRIBUSI SUPERVISI AKADEMIK DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR NEGERI

Main Authors: Lbn Toruan, Redy, ,, Aunurrahman, Syukri, Muhammad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5443
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5443/5623
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/downloadSuppFile/5443/495
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keraguan terhadap kinerja mengajar guru sekolah dasar di Kecamatan Pontianak Selatan. Keraguan tersebut berawal dari mutu lulusan yang tidak naik secara signifikan dilihat dari nilai UASBN. Mutu lulusan seperti itu dituding banyak pihak, selain guru sebagai faktor penyebabnya adalah kepala sekolah yang tidak mampu membuat para guru mengajar dengan berkualitas. Meskipun diyakini banyak faktor yang mempengaruhi kinerja seseorang, namun dalam kajian ini atasi pada supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah. Secara teoretis makin baik supervisi akademik kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah, maka akan makin baik kinerja mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja mengajar guru. Kontribusi kedua variable tersebut adalah 30,1%. Dengan demikian, 69,9% dari varians kinerja mengajar guru dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara sendiri supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja kepala sekolah dasar. Begitu juga dengan kepemimpinan kepala sekolah. Kedua variable tersebut masing-masing menjelaskan 15,68% dan 6,96% variasi kinerja mengajar guru sekolah dasar negeri Pontianak Selatan. Kata Kunci: supervisi akademik, kepemimpinan, kinerja mengajar. Abstract: The background of this reaseach was teaching performance of teacher at state elementary school (SDS Negeri) are questioned. The fact showed that quality of output is not increase significantly based on national final examination. Some people argued that it is not only teacher falseness, but also headsmaster who can not do something so that teacher can teach with high quality. Some factors give effect on teaching performance, but in this research academic supervisition and leadership of headmaster hypothesized more effect on teaching performance.The research result showed that academic supervision and leadership of headmaster affected on teaching performance simultaniously. Contribution of both variables were 30,1%. It also means that almost 69,9% ofb variance of teaching performance can not be explained by both variables. This research study also showed that each variable give effect on teaching performance significantly. Each variables explained 15,68% and 6,96% of variance of teaching performance at elementary school teacher in South Pontianak. Key words: academic supervisition, leadership, teaching performance