PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Main Authors: Ade, Yulius, ., Syamsiati, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5387
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5387/5577
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5387/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak:Pengaruh penggunaan metode demonstrasi pada Ilmu Pengetahuan Alam terhadap hasil belajar siswa Sekolah dasar. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi pada Ilmu Pengetahuan Alam terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dengan bentuk penelitian survey studies. Dengan hitungan berdasarkan hasil hitungan statistic dengan persentase pra siklus 34,7%, siklus I 69,5% dan siklus II 91,3%. Jadi dari pra siklus sampai ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 56,6 % dengan kategori memuaskan. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Sebujit. Kata Kunci : pengaruh, metode demonstrasi, hasil belajar. Abstract: Effect of method demonstration on Physical Sciences of the elementary school students' learning outcomes. This study aims to determine the effect of the demonstration on the use of the method to the Natural Sciences learning outcomes of elementary school students. The method used is descriptive method to form survey research studies. With a statistical calculation based on the results of the count with the percentage of 34.7% pre-cycle, the first cycle and second cycle 69.5% 91.3%. So from the pre-cycle to the second cycle an increase of 56.6% with a satisfactory category. This shows that by using the method of demonstration can improve student learning outcomes Elementary School 02 Sebujit. Key word : effect, method demonstration, learning outcomes.