PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGANMETODE KERJA KELOMPOK PADA KELAS VI SDN 02 SEMPAYUK
Main Authors: | F34211610, Salimun, Kresnadi, Hery, ., Syamsiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5382 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5382/5567 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5382/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Menurut pengamatan penulis di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 02 Sempayuk ini, sebagian besar mengalami kesulitan mencapai KKM pada mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan pembelajaran tidak menarik, sehingga hasil belajar siswa tidak seperti yang diharapkan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hasil belajar siswa pada pelajaran matematika tentang luas lingkaran. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kerja kelompok pada materi luas dan keliling bangun datar lingkaran diperoleh hasil sebagai berikut: (1) siswa terlibat aktif dalam pembelajaran mulai dari siklus I sampai dengan siklus III; (2) meningkatnya hasil belajar siswa yaitu penguasaan konsep siswa terhadap materi pembelajaran yaitu mulai dari siklus I sampai dengan Siklus III nilai rata-rata siswa meningkat. Pada siklus I diperoleh hasil yang belum maksimal. Persentase ketuntasan belajar mencapai 69,44%. Pada siklus II setelah melakukan refleksi dan perencanaan diperoleh ketuntasan belajar sebesar 80,56%. dan siklus III (88,89%). Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan penggunaan media lingkungan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Sempayuk Tahun Ajaran 2013/2014 dapat ditingkatkan. Akhirnya peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan metode kerja kelompok untuk pelajaran yang diampunya. Kata Kunci: Matematika, Kerja Kelompok, Hasil Belajar. Abstract: According to the writer's observation in class VI Elementary School 02 Sempayuk this, most have difficulty reaching KKM in mathematics. This is because learning is not attractive, so that student learning outcomes are not as expected. The purpose of this study is to find out about student learning outcomes in mathematics lesson on area of ??a circle. After learning implemented using group work on the material flat area and perimeter of a circle wake obtained the following results: ( 1 ) the student was involved actively in the learning from the first cycle up to the third cycle, (2 ) increasing student learning outcomes that students' mastery of the material concept learning ie starting from the first cycle up to the third cycle the average value increased student . In the first cycle obtained results are not maximized . The percentage reached 69.44 % mastery learning. In the second cycle after some reflection and planning mastery learning gained by 80.56 %. and the third cycle (88.89 %).From this study we concluded that the use of environmental media student learning outcomes Elementary School fourth grade Sempayuk 02 Academic Year 2013/2014 can be improved. Finally, researchers suggested to the teacher to be able to use the method for group work in class lessons. Keywords : Mathematics , Group Work , Learning Outcomes .