PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Baiyah, Martina, Halidjah, Siti, ., Abdussamad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5343
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5343/5524
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5343/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi pembelajaran pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa data proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian in adalah guru dan siswa dalam pembelajaran dengan metode demonstrasi. Instrument utama penelitian ini adalah penelitian sendiri yang bertindak sebagai pengumpul data dengan menggunakan instrument penunjang berupa pedoman pengamatan, format catatan lapangan, pedoman wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilaksanakan dengan mengikuti alur analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Hubberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Evaluasi pembelajaran ilmu pengetahuan alam pengguanaan metode demonstrasi pada setiap siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat keberhasilan 75%. Pada siklus II tingkat keberhasilan yang di capai 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Kelampe Kecamatan Teriak. Kata kunci: metode demonstrasi, pembelajaran IPA, aktivitas belajar, hasil belajar. Abstract : This study uses qualitative research design class action. The design of this study includes a preliminary study, planning, action, observation, and reflection. The data of this study in the form of data and process the data obtained from the results of action observations, interviews, field notes, and documentation. Sources of data in research in teachers and students in learning the methods of demonstration. The main instrument of this research is the research itself that acts as a data collector using the observation instrument support in the form of guidelines, format field notes, interview guides, documentation and testing . Data analysis was carried out by following the flow of data analysis developed by Miles and Hubberman, which includes data collection, data reduction, and conclusion. Evaluation of learning science demonstration use method at each cycle always increase. In the first cycle success rate of 75 %. In the second cycle success rate achieved 87.5 %. This suggests that learning science using the demonstration to improve the activity and student learning outcomes Elementary School fourth grade 11 Kelampe District of Shouts. Keywords: method of demonstration, learning science, learning activities, learning outcomes.