PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PITA BILANGAN DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Juan, Anastasius, ., Abdussamad, Halidjah, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5317 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5317/5483 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5317/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Pita Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas III SDN No.05 Lamat Semalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pita bilangan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 05 Lamat Semalat. Sehubungan dengan kenyataan tersebut, perlu dilaksanakan perbaikan atau peningkatan hasil belajar siswa. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan Hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran Matematika dengan menggunakan media pita bilangan pada siklusnya selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat hasil belajar siswa mencapai 57,30%. Pada siklus II tingkat keberhasilan sangat signifikan, diatas 69,80%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan Media Pita bilangan pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas III SDN 05 Lamat Semalat . Kata Kunci: Peningkatan, hasil belajar, siswa, Matematika. Abstract : Improved Student Results By Using Tape Media By Numbers Math Lesson In Class III SDN No.05 Lamat Semalat . This study aims to determine the effect of the use of tape media to the learning outcomes numbers of class III students of SDN 05 Lamat Semalat . In connection with this fact , should be carried out repairs or improvement of student learning outcomes . One way is to use the media . This study used a qualitative approach to the design of classroom action research . Based on the results of the implementation of the act of learning Mathematics using tape media in the cycle numbers always increase . In the first cycle level student learning outcomes reached 57.30 % . In the second cycle success rate is very significant , above 69.80 % . This suggests that learning mathematics using numbers on the tape media can improve learning outcomes of students of class III students of SDN 05 Lamat Semalat . Keywords : Improvement , learning outcomes , student , Mathematics