PENERAPAN METODE PENEMUAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F34211569, Muliyadi, Halidjah, Siti, ., Abdussamad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5314 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5314/5479 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5314/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penggunaan Media Visual Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 01 Ketiat Bengkayang. Dari hasil observasi awal yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas V SDN 01 Ketiat Bengkayang, didapati kesulitan memahami luas bangun datar dan salah menentukan rumus. Salah satu caranya adalah dengan melaksanakan tindakan pembelajaran luas bangun datar melalui pendekatan dengan metode deskripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Evaluasi pembelajaran luas bangun datar melalui metode deskripsi setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai 57,5%. Pada siklus II tingkat keberhasilan yang dicapai 70,8%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran luas bangun datar melalui metode deskripsi dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar siswa kelas V SDN 01 Ketiat Bengkayang. Kata Kunci : Penggunaan, media gambar, hasil belajar. Abstract: The Using Draw Media To Improve The Result Learn The Student in Grade V of Elementary School 01 Ketiat Bengkayang. From observation result early at activity of mathematics study in grade V SDN 01 Ketiat Bengkayang, discovered the difficulty comprehend wide develop and wrong determine formula. One of its way by executing wide study action develop to level off approach with the method deskripsi. This research use the approach qualitative with the device of research of class action. This research device cover the planning, action execution, perception and refleksi. Evaluate the wide study develop to level off method deskripsi each cycle experience of improvement. At cycle I mount the reached efficacy 57,5%. At cycle II mount the reached efficacy 70,8%. This matter indicate that the wide study develop method deskripsi can improve the result learn wide develop off the student grade V of Elementary School 01 Ketiat Bengkayang. Keyword : The using, draw media, result learn.