PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI BERMAIN PERAN DI KELAS V SDN 08 NGALOK
Main Authors: | F34210256, Gema, ., Marzuki, ., Paridjo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5210 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5210/5355 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5210/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode bermain peran di kelas V SD Negeri 08 Ngalok Kembayan Sanggau. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuknya penelitian Tindakan Kelas, dan sifat penelitian bersifat kolaboratif, subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Ngalok Kembayan Sanggau yang berjumlah 20 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik dokumenter, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi. Hasil penelitian berdasarkan observasi dengan melalui metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan penerapan metode bermain peran pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Ngalok Kembayan Sanggau dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, diterima. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Bahasa Indonesia, Metode Bermain Peran Abstract: The problem in this research is "How the implementation of playing a role method in Indonesian language learning at fifth grade students in the Elementary School 08 Ngalok Kembayan Sanggau. This research method is descriptive, in the classroom action research, and the nature of this research is qualitative research, the research subjects are teacher and learners Elementary School fifth grade students in the Elementary School 08 Ngalok Kembayan Sanggau which consisted of 20 people in whole. The techniques used in this research were the technique of direct observation, documentary techniques, and a data collection tool used was observation guidelines. The results based on observations through play a role method can improve learners' learning activities. This shows that the hypothesis that stated the application of play a role method in the Indonesian language teaching in fifth grade students in the Elementary School 08 Ngalok Kembayan Sanggau can improve learners' learning activities, accepted. Keywords: Learning Activity, Indonesian language Learning, Play a role method