PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA DI KELAS IV SDN 15 RUNTING
Main Authors: | F34210310, Jumain, R, Marmawi, ., Kaswari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5144 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5144/5274 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5144/pdf |
Daftar Isi:
- Abstract : Research on the Demonstration Method To Improve Student Learning Activities In Learning science in the fourth grade at SDN 15 Runting Melawi bertjuan to describe how the use of demonstration method for improving student learning activities . The method used in this research is descriptive method . Study is a form of action research ( PTK ) is implemented in 2 cycles . That each cycle consisting of planning , implementation , observation and repleksi . The results showed that an increase in terms of activity and learning outcomes siswa.maktifitas students in the learning process in the first cycle with an average value of 43.75 % and the second cycle increased to 88.50 % . While the learning outcomes of students in the first cycle the average value obtained was 57.50 % with a passing grade the student was 30.75 % , and the second cycle the average value of student learning outcomes increased to 85.63 % with a passing grade of 92 , 28 % . Thus , it can be concluded the use of the method in the process of learning science demonstration can enhance student learning activities , be it physical activity , mental or emotional activity Abstrak: Penelitian tentang Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di kelas IV SDN 15 Runting Kabupaten Melawi bertjuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan metode Demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari segi aktifitas dan hasil belajar siswa.maktifitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 43,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,50%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 57,50% dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 30,75%, dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,63% dengan ketuntasan belajar sebesar 92,28%. Dengan demikian, dapat disimpulkan penggunaan metode Demonstrasi dalam proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, baik itu aktivitas fisik, mental maupun aktivitas emosional. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Aktivitas belajar siswa dan Hasil belajar