PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA KELAS IV MIS ULIL ALBAB KETAPANG

Main Authors: Wahyuni, Eva Sulastris, Uliyanti, Endang, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5140
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5140/5266
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5140/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak. Penelitian ini mengenai peningkatan kemampuan menulis karangan dengan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Hasil Penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran secara signifikan, yaitu dengan skor rata-rata pada siklus I sebesar 3,2 menjadi 4,2 pada siklus II, kemampuan melaksanakan pembelajaran yaitu dengan rata-rata skor pada siklus I sebesar 3,2 menjadi 4,45 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa dalam menulis karangan pada siklus 1 sebanyak 5 orang, pada siklus 2 sebanyak 15 orang. Kata Kunci : kemampuan menulis, media gambar Abstract . This study on improving essay writing skills with the media image. The purpose of this research is to improve the ability to write essays in elementary school fourth grade students. The method used in this research is descriptive method, by means of collecting data in the form of observation sheets and the achievement test. This form of research is Classroom Action Research (CAR). Data collection techniques in this study using direct observation and measurement techniques. Results showed an increase in the ability of teachers to plan learning significantly, by an average score on the first cycle of 3.2 to 4.2 in the second cycle, the ability to implement the learning that is with an average score of 3.2 in the first cycle to 4.45 in the second cycle. Mastery learning students in writing essays on cycle 1 of 5 people, in cycle 2 as many as 15 people. Keywords : writing skills , media images