KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VIII SMPN 1 SUNGAI RAYA
Main Authors: | F04109033, syaifullah, hartoyo, agung, yani, ahmad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5111 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5111/5226 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir geometrik siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Raya Kab. Bengkayang Provinsi Kalimatan Barat berdasarkan Teori Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip dengan bentuk studi kasus. Subjek penelitian ada 105 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang menguasai tingkat deduksi informal (tingkat 3) mencapai 25,71%, siswa yang dapat mencapai tingkat analisis (tingkat 2) mencapai 41,9%, siswa dapat menguasai tingkat visualisasi 18,09%. Sedangka siswa yang tidak dapat menguasai tingkat manapun (tingkat 0) sebanyak 14,28%. Kesalahan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu siswa tidak menyebutkan nama suatu bangun datar geometrik, tidak dapat menggunakan sifat-sifat bangun datar dalam menyelesaikan soal, serta tidak dapat mengkarakterisasi sifat bangun datar. Siswa tidak dapat menguasai tingkat deduktif informal dikarenakan kurang menguasai sifat-sifat bangun datar, kemampuan penalaran siswa rendah, dan jarang berlatihsoal di rumah. Kata Kunci : Teori Van Hiele, Faktor Penyebab, Bangun Datar Abstract :This research aims to know the geometric thinking ability of students of class VIII SMPN1 Sungai Raya Bengkayang district West Kalimantan Province based on Van Hiele theory . This reasearch is a descriptive reasearchwith the form used is the research case studies. The subject of this research is 105 students. Data analysis result showed that students who master the informal deduction level ( level 3 ) reached 25.71 % , students who can reach the level of analysis ( level 2 ) reached 41.9 % , students can master the 18.09 % level of visualization . Sedangka students who can not master any level ( level 0 ) of 14.28 % . Students complete the test error that students do not mention the name of a geometric flat-wake up, can't use a flat wake properties in resolving the problem, and could not characterize the nature wakes up flat. Students cannot be controlled up to a level of informal, deductive because less control of the attributes of a flat wake, low student reasoning abilities, and rarely practice questions at home. Keyword : Van Hieles Theory, Causative Factor, Built Flat