PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN IPA

Main Authors: F34210039, Martina, ., Abdussamad, Margiyati, K.Y
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5087
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5087/5208
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5087/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas bertanya siswa, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat dan mengerjakan tugas dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model cooperatif learning tipe STAD kelas IV Madrasah Ibtidayah Darussalam Kecamatan Matan Hilir Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik analisis data adalah observasi langsung sedangkan alat pengumpul data adalah lembar observasi berupa aktivitas siswa dan lembar observasi guru. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian terjadi peningkatan aktivitas siswa yaitu aktivitas bertanya 60 % siklus I dan 80% siklus II. Aktivitas menjawab pertanyaan 80% siklus I dan 86% siklus II.Aktivitas mengemukakan pendapat 60% siklus I dan 80% siklus II. Aktivitas mengerjakan tugas dari guru 73,33% siklus I dan 80% siklus II. Secara keseluruh anaktivita ssiswa meningkat cukup baik. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD kelas IV Madrasah Ibtidayah Darussalam Kecamatan Matan Hilir Selatan. Kata Kunci : Peningkatan Aktivitas, STAD, IPA Abstract: The purpose of the study to describe increased activity asks students, answer questions, express opinions and tasks in learning science by using STAD cooperative learning model of class IV Madrasah Darussalam Ibtidayah Matan Hilir Subdistrict South. The method used is descriptive method. Data analysis technique is the direct observation while the data collection tool is the observation sheet in the form of student activities and teacher observation sheet. The experiment was conducted as two cycles. The result of an increase in research activity is the activity asks students 60% and 80 % first cycle second cycle. Activities answer questions 80% and 86 % first cycle second cycle. Activity of expression 60% and 80% first cycle second cycle. Activity assignment of 73.33% of teachers and 80% first cycle second cycle. Overall a pretty good increase student activity. Based on the analysis, it can be concluded that an increase in the activity of students in learning science by using STAD cooperative learning model of class IV Madrasah Darussalam Ibtidayah Matan Hilir Subdistrict South Keywords: Increased activity, STAD, Science