PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MEDIA REALIA DI KELAS IV SDN 08 DELTA PAWAN

Main Authors: Noor, Jumiarti, Margiyati, K.Y, ., Abdussamad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5081
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5081/5198
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5081/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan media realia.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sifat penelitian kolaboratif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi hasil belajar melalui tes esai dan teknik observasi langsung menggunakan lembar observasi guru. Dari hasil analisis data diketahui telah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dari skor rata-rata 3,25 pada siklus pertama, meningkat menjadi rata-rata 3,83 pada siklus kedua. Terjadi peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dari skor rata-rata 3,02 pada siklus pertama, meningkat menjadi rata-rata 3,82 pada siklus kedua. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari skor rata-rata 3,92 pada siklus pertama, meningkat menjadi rata-rata 81,2 pada siklus kedua. Kata kunci : hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, media realia Abstract : This study aims to improve student learning outcomes in the Natural Sciences learning using realia media . The method used in this research is descriptive method , the study is a form of classroom action research ( PTK ) with the collaborative nature of the research . Data was collected with engineering documentation of learning outcomes and direct observation techniques using direct observation sheet . From the analysis of the data is known to have an increase in the ability of teachers to plan learning from an average score of 3.25 on the first cycle , the average increased to 3.83 in the second cycle . An increase in the ability of teachers to implement the learning from an average score of 3.02 on the first cycle , the average increased to 3.82 in the second cycle . An increase in student learning outcomes from an average score of 3.92 on the first cycle , the average increased to 81.2 in the second cycle . Keywords : learning, science , realia media