AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI KELAS V MUHAMMADIYAH 1 KETAPANG

Main Authors: F34210031, Farida, Uliyanti, Endang, Marli, Suhardi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5064
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5064/5181
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5064/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian adalah deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian adalah kolaboratif. Sifat penelitian pada penelitian ini adalah bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: Rata-rata kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan meningkat sebesar 1,13 pada siklus II dibandingkan siklus I. Rata-rata kemampuan guru melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 0,81 pada siklus II dibandingkan siklus I. Aktivitas fisik siswa meningkat sebesar 6,06%. aktivitas mental siswa meningkat sebesar 10,91%, dan aktivitas emosional siswa meningkat sebesar 3,03%. Rata-rata hasil belajar siswa dari 75,00 siklus I meningkat menjadi 91,18 siklus II (meningkat sebesar 16,18). Kata Kunci : Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, metode kerja kelompok. Abstract : The purpose of the study is to investigate the use of group work methods to increase the activity and student learning outcomes . Method in the form of descriptive research is action research . This type of research is collaborative . The nature of the research in this study is qualitative . Based on the research results , it can be concluded that : The average teacher's ability to plan the implementation of an increase of 1.13 in the second cycle than the cycle I. The average ability of teachers to implement the learning experience an increase of 0.81 in the second cycle than the cycle I. Students' physical activity increased by 6.06 % . mental activity of students increased by 10.91 % , and emotional activity of students increased by 3.03 % . Average student learning outcomes of the first cycle increased to 75.00 91.18 Cycle II ( increased by 16.18 ) Keywords : Increased activity and student learning outcomes, teaching Citizenship Education, group work methods.