PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VI SDN 27
Main Authors: | Centaury, Frederikus, ., Syambasril, ., Rosnita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5058 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5058/5169 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5058/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SDN 27 Manur Separe. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil observasi siklus I ke siklus II, aktivitas fisik peserta didik meningkat dari 64% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II, aktivitas mental peserta didik dari 39 % pada siklus I menjadi 76 % pada siklus II, dan aktivitas emosional peserta didik dari 60 % pada siklus I menjadi 84 % pada siklus II. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 62 pada siklus I menjadi rata-rata 71 pada siklus II. Dari hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas, siklus I dan siklus II, bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI SDN 27 Manur Separe. Kata Kunci : aktivitas, metode eksperimen, IPA Abstract: The purpose of this research is to improve the learners' learning activities using an experimental method to study Natural Sciences VI Class 27 Manur Separe SDN . This study uses descriptive qualitative approach . This research is a form of action research . It can be seen from the increase in the observation of the first cycle to the second cycle , the physical activity of students increased from 64 % in the first cycle to 83 % in the second cycle , the mental activity of 39 % of students in the first cycle to 76 % in the second cycle , and learners emotional activity of 60 % in the first cycle to 84 % in the second cycle . Learning outcomes of students also increased , from an average of 62 in the first cycle an average of 71 on the second cycle . From the results of the implementation of action research , the first cycle and second cycle , that the use of experimental methods to increase the activity and learning outcomes of students in the learning of Natural Sciences class VI SDN 27 Manur Separe . Keywords: activities, experimental method, science