PELAKSANAAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA 4 -5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI SELIMBAU
Main Authors: | A, Juliana, ., Marmawi, Astuti, Indri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5040 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5040/5154 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untukuntuk mengetahui pelaksanaan toilet training pada anak usia 4-5 tahun. Di Taman Kanak-Kanak Negeri Selimbau. Metode yang digunakanadalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian adalalah pendekatan kualitatifbahwa metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/melukiskan keadaan subyek/obyek penelitian (seseorang, lembaga masyarakat dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Taman Kanak-Kanak, guru taman Kanak-Kanak 1 orang dan 33 orang anak Taman Kanak-Kanak Negeri Selimbau yang terdiri 15 orang anak laki-laki dan 18 orang anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan toilet training pada anak usia 4-5 tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Selimbau memberikan pengaruh positif pada anak untuk menjaga kebersihan tubuh dan kebersihan lingkungan sekolah. Kata kunci: Pelaksanaan, Toilet Training, dan Anak Usia Dini Abstract: purposely, the research is conducted to know the implementation of toilet training to the children at the age of 4 to 5 in the local kindergarden, Selimbau. The used method in this research ware descriptive method with qualitative research approach that descriptive method can be interpreted as trouble-shooting procedure investigated by depicting / defining situation of subyek / research obyek ( someone, society institute and others) at the (time) of now pursuant to visible facts or as it is. Subject in this study were the head of kindarden, kingarden teacher 1 and 33 kingarden children selimbau state comprising 15 boys and 18 girls. The result indicated that the implementation of toilet training at the age of 4 to 5 brought a positive influence for children either to keep the cleaness of their body or cleaness of the school environment. Keywords: Implementation, Toilet Training, Early Childhood