PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Wahyuni, Sri, Halidjah, Siti, Tampubolon, Budiman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5012
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5012/5123
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5012/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan bahwa rendahnya hasil ulangan siswa kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 19 Sungai Rasak kecamatan manis mata kabupaten ketapang dalam pembelajaran matematika materi volume kerucut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa memahami konsep dasar penurunan rumus volume kerucut terhadap materi yang telah disampaikan. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi disebabkan metode pembelajaran yang hanya berfokus pada guru yaitu menjelaskan, mencatat rumus, menugaskan menghapal rumus, dan latihan sehingga terlalu monoton dan bahkan tidak sesuai dengan materi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian tindakan kelas ini adalah berupa data skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran, data skor berupa kemampuan guru melaksanakan pembelajaran,dan data nilai hasil belajar siswa pada materi volume kerucut. Hasil penelitian tentang kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,8, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran 0,85, dan hasil belajar siswa sebesar 8,32. Kata Kunci: Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Matematika, Volume Kerucut Abstract : This study was conducted based on the fact that the low test results of sixth grade students in 19 public elementary school districts River Tasted sweet eyes ketapan district in mathematics learning material cone volume caused by a lack of understanding of the students understand the basic concepts decrease in cone volume formula of the material that has been submitted . Lack of students' understanding of the material due to the method of learning that only focuses on the teacher that explained , noting the formula , commissioned to memorize formulas , and exercises so too monotonous and even not in accordance with the material . This form of research is Classroom Action Research (CAR ) , whereas this research method using a descriptive method . Data collected in the study of this class action is a form of data teachers plan learning ability scores , score data in the form of the ability of teachers to implement the learning , and the data value of student learning outcomes in the material volume of the cone . The results of research on the ability of teachers to plan learning in the first cycle and second cycle increased by 0.8 , the ability of teachers to implement instructional 0.85 , and student learning outcomes of 8.32.. Keywords: Guided Discovery, Learning Outcomes Mathematics, Volume Cones